IMPLEMENTASI FUZZY LOGIC PENENTUAN KELAYAKAN KARYAWAN MENDAPAT REWARD DITOKO ROTI MENGUNAKAN METODE TSUKAMOTO

Syahnandar Syahnandar, Rahmat Hidayatullah, Nur Rubiati, Rahmad Kurniawan

Abstract


Karyawan merupakan elemen penting didalam sebuah perusahaan yang akan menentukan kemajuan disuatu perusahaan tersebut, oleh kerna itu untuk meniggkatkan prestasi kinerja karyawan agar lebih efektif dalam melakukan tugas maka dibuatlah sebuah prongram penilaian dalam bentuk reward, pemberian reward ini hanyalah bertujuan meniggkatkan prastasi dalam perkejaaan agar lebih bersikap profesional, dikarnakan belum adanya sebuah aplikasi  sebagai alat bantu pemilih karyawan yang berhak mendapat reward secara tepat. maka digunakanlah Sistem Pendukung Keputusan, yaitu metode fuzzy logic Tsukamoto dengan menerapkan  variabel-variabel sebagai data pendukung yang meliputi Kinerja Kedisiplinan dan Kemampuan yang menjadi kriteria dalam penilaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempermudahkan usaha roti canai dalam penentuan kelayakan karyawan yang akan mendapat reward. Pemberian reward ini disesuai dengan keadaan serta kualitas yang dimiliki sehingga reward dapat diberikan kepada karyawan secara objektif.

 

Kata kunci : Fuzzy Logic, Metode Tsukamoto, Reward Karyawan, PHP


Full Text:

PDF

References


Dharmawati, A., & Aprilianto, H. (2014). Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Prediksi Nilai Tukar Rupiah. Jutisi, 3(3), 609–616. Retrieved From Http://Ojs.Stmik-Banjarbaru.Ac.Id/Index.Php/Jutisi/Article/View/18

Ekajaya, F., Hidayat, N., & Ananta, M. T. (2018). Diagnosis Penyakit Tht Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(8), 2361–2365. Retrieved From Http://Ojs.Uho.Ac.Id/Index.Php/Semantik/Article/View/414

Elisawati. (2017). Sistem Deteksi Objek Dengan Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Fuzzy. Jurnal Informatika, Manajemen Dan Komputer, 9(1), 10–14. Retrieved From Http://Ejournal.Stmikdumai.Ac.Id/Index.Php/Path/Article/View/58

Fristanto, H. T. (2013). Rancang Bangun Sistem Informasi Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (Spp) Dan Insidental Pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Tinatar Punung Hendria Tony Fristanto 1) Bambang Eka Purnama 2) Sukadi 3). Indonesian Journal On Networking And Security, 3(4), 1–5. Retrieved From Http://Ijns.Org/Journal/Index.Php/Ijns/Article/View/192

Hasanh, S. N., & Widiastuti, N. I. (2014). Representasi Emosi Menggunakan Logika Fuzzy Pada Permainan Bonny ’ S Tooth Booth Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika ( Komputa ). Ilmiah Komputer Dan Informatika (Komputa), 3(2). Retrieved From Http://Pilar.Nusamandiri.Ac.Id/Index.Php/Pilar/Article/View/58

Iswandy, E. (2015). Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari Dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu Di Kenagarian Barung – Barung Balantai Timur. Jurnal Teknoif, 3(2), 70–79. Https://Doi.Org/2338-2724

Murdianingsih, Y., & Utomo, L. T. (2016). Sistem Penentuan Kualitas Singkong Untuk Bahan Baku Keripik Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto ( Studi Kasus Kampung Kaliwadas ) Yuli Murdianingsih *1 , Lungguh Tri Utomo #2. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1–15. Retrieved From Http://Www.Jurnalstmiksubang.Ac.Id/Index.Php/Jtik/Article/View/81

Novita, N. (2019). Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Menentukan Beasiswa, 1, 51–54. Retrieved From Https://Ejournal.Unsri.Ac.Id/Index.Php/Jsi/Article/View/731

Nurul, K. (2016). Analisis Fungsi Keanggotaan Fuzzy Tsukamoto Dalam Menentukan Status Kesehatan Tubuh Seseorang. Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, 1(1), 1–6. Retrieved From Https://Jurnal.Polgan.Ac.Id/Index.Php/Sinkron/Article/View/5

Taufiq, G. (2016). Implementasi Logika Fuzzy Tahani Untuk Model Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan. Pilar Nusa Mandiri, Xii(1), 12–20. Retrieved From Http://Pilar.Nusamandiri.Ac.Id/Index.Php/Pilar/Article/View/58

Wijaya, E. (2013). Jurnal Time , Vol. Ii No 2 : 18-26, 2013 Issn, Ii(2), 18–26. Retrieved From Https://Sckolar.Google.Co




DOI: http://dx.doi.org/10.36723/juri.v10i2.116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

 

 

 

 

 

View My Stats