APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK KARTU ANGGOTA SEBAGAI PORTOFOLIO DIGITAL

Rahmad Kurniawan, Nur Rubiati, Rionaldo Rionaldo

Abstract


Kartu anggota umumnya hanya menampilkan informasi secara umum, dimana detail informasi orang terbatas dan bersifat pribadi. Sebuah kartu anggota juga kurang menarik untuk sebuah perkenalan di perusahaan ataupun untuk kepentingan bisnis jika hanya menampilkan informasi bersifat umum saja. Disini penulis ingin membuat teknologi Augmented Reality, yaitu teknologi yang menggabungkan benda maya berupa objek yang dibentuk oleh komputer ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi, lalu memproyeksikan benda benda tersebut ke dalam waktu nyata.   Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality ini, informasi seperti portofolio yang biasanya digunakan untuk memberikan informasi umum kepada pembaca sebenarnya, bisa diubah ke dalam bentuk informasi 3 dimensi yang ditampilkan secara virtual di kartu anggota, lalu objek virtual tersebut dapat dilihat dengan menggunakan perangkat smartphone. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Unity yang merupakan suatu game development yang mampu digunakan membuat game dalam berbagai macam platform. Dengan kartunya yang nantinya dapat karyawan dapat mengetahui informasi sangat mudah.

Kata Kunci : Augmented Reality, Smartphone, Kartu anggota, Portofilio Digital


Full Text:

PDF

References


Aplikasi, P., & Unityd, M. (2015). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Visualisasi 3d Interaktif Masjid Agung Jawa Tengah Menggunakan Unity3d, 3(2), 207–212.

Ericksoon, H. A., Kuswardayan, I., & Suciati, N. (2016). Rancang Bangun Game Berhitung Spaceship Dengan Pengendali Suara Menggunakan Speech Recognition Plugin Pada Unity, 5(2).

Iswandy, E. (2015). Jurnal Tesknoif Issn : 2338-2724 Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu Vol . 3 No . 2 Oktober 2015 Jurnal Teknoif Issn : 2338-2724, 3(2).

Juansyah, A. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-Gps ) Dengan Platform Android Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika ( Komputa ).

Mandias, G. F. (2017). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Smartphone Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat, 3(1).

Martono, K. T. (2015). Augmented Reality Sebagai Metafora Baru Dalam Teknologi Interaksi Manusia Dan Komputer, 1(2), 60–64.

Purnama, R. Ad., & Putra, A. T. L. (2018). Aplikasi Web Server Berbasis Bahasa C Sharp, 4(1), 21–29.

Putri, D. Z., Puspitaningrum, D., & Setiawan, Y. (2018). Konversi Citra Kartu Nama Ke Teks Menggunakan Teknik Ocr Dan Jaro-Winkler Distance, 12(1), 1–6.

Saputra, Y. A. (2014). Implementasi Augmented Reality ( Ar ) Pada Fosil Purbakala Di Museum Geologi Bandung Teknik Informatika – Universitas Komputer Indonesia Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika ( Komputa ).

Suherni, S., Rubiati, N., & Khumaini, H. (2017). Aplikasi Pendaftaran Dan Penerimaan Siswa Baru Di Smk Negeri 1 Rupat Berbasis Web, 9(2), 15–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.36723/juri.v12i1.208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.