SISTEM REKOMENDASI PEMBERIAN BANTUAN LOGISTIK BENCANA ALAM MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROCESS

Daniel Alfa Puryono, Listiarini Edy Sudiati, Ade Kurniawan

Abstract


Di Indonesia hampir setiap tahun terjadi bencana alam. Bahkan sangat mendominasi dibanding dengan bencana yang lain. Biasanya dalam suasana darurat bencana tersebut masyarakat memang mengharapkan bantuan baik dari pemerintah, organisasi masyarakat atau sektor swasta. Bantuan yang paling diperlukan masyarakat yakni bantuan logistik seperti sembako, mie instan, makanan siap saji, selimut dan kasur. Sayangnya bantuan seringkali tidak tepat waktu, sasaran, lokasi, kualitas, dan kuantitas. Beberapa korban masih perlu mencari bantuan dari pengguna jalan. Hal ini di karena manajemen distribusi bantuan yang tidak efisien dalam keadaan luar biasa. Sebab itu diperlukan prosedur yang dapat membantu secara cepat, tepat dan bisa dipertanggung jawabkan sehingga bantuan tersebut disampaikan secara baik. Maka dari itu penelitian ini menggunakan metode AHP yang sudah banyak terbukti berhasil digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih efektif dan lebih optimal. Penelitian ini berhasil diuji coba pada aplikasi pemberian bantuan logistik di BPBD Kabupaten Pati. Meskipun begitu, kedepan aplikasi ini masih perlu dikembangkan agar bisa diakses oleh masyarakat umum, donator maupun lembaga swadaya sosial.

Full Text:

PDF

References


BNPB. (2012). Pengelolaan Bantuan Logistik Pada Status Keadaan Darurat Bencana.

BPBD Jawa Tengah. (2018). “Rencana rencana strategis strategis,” no. 24.

BPBD Kabupaten Pati. (2022). Jumlah-desa-terdampak-banjir-bandang-di-pati-jateng, 14-Juli 2022.

Oktavia, P. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa dengan Metode Weighted Product pada SMP Negeri 1 Parung Berbasis Web. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(2), 80-86.

Puryono, D. A., Mustafid, & Jie, F. (2016). Penerapan Green Supply Chain Management Untuk Peningkatan Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Sistem Infoemasi dan Bisnis, 6(2), 154–163.

Rahman, A. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Tempat Gymnastic Terbaik di Kota Medan Mengunakan Metode TOPSIS. Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 2(3), 256-259.

Rais, M. S. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Lokasi Perumahan Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). RJOCS (Riau Journal of Computer Science), 2(2), 59-72.

Rinawati, D. I., Sari, D. P., Priatamphatie, F., & Fahrudin, F. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Bantuan Logistik Bencana Studi Kasus Pada BPBD Kabupaten Magelang. J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 13(1), 51-60.

Rochman, G. P. S. (2020). Tata Kelola Bantuan Logistik Korban Bencana Banjir Di Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan. Jurnal Mozaik, 12(2), 72-84

Sumiati, M., Abdillah, R., & Cahyo, A. (2021). Pemodelan UML untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta. JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer), 11(2), 79-86.

Widaningsih, S. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Pembimbing Kerja Praktek Dengan Metode Analytical Hierarchy Process Model Rating. Media Jurnal Informatika, 7(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.36723/juri.v16i1.403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

 

 

 

 

 

View My Stats