IMPLEMENTASI METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Rania Putri Savira, Andhika Giri Persada

Abstract


Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari di sekolah dasar (SD). Akan tetapi, pembelajaran Bahasa Indonesia di SD tidak selalu berjalan dengan lancar dikarenakan adanya permasalahan yang dialami oleh guru dan siswa dengan latar belakang yang berbeda. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada guru dan siswa kelas V SDN Sardonoharjo 1, permasalahan yang kerap terjadi pada pembelajaran Bahasa Indonesia adalah siswa menganggap Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang membosankan, rendahnya minat dan motivasi belajar, serta kurangnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang user experience aplikasi pembelajaran Bahasa Indonesia ”Teman Bahasa” menggunakan metode design thinking yang disesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan pengguna. Untuk menguji keberhasilan aplikasi, maka dilakukan usability testing. Hasil pengukuran effectiveness pada siswa sebesar 96.25% dan guru sebesar 91.7%, efficiency pada siswa sebesar 0.03 goals/sec dan guru 0.02 goals/sec, serta satisfaction mendapatkan kategori “EXCELLENT” dengan grade scale A.

Kata kunci : User experience, Aplikasi pembelajaran Bahasa Indonesia, Design thinking


Indonesian is one of the subjects that must be learned in elementary school. However, learning Indonesian in elementary schools doesn’t always run smoothly due to problems experienced by teachers and students with different backgrounds. Based on the results of observations and interviews with teachers and fifth grade students at SDN Sardonoharjo 1, the problem that often occurs in learning Indonesian is that students think Indonesian is a boring subject, low interest and motivation in learning, and lack of use of learning media. This study aims to design the user experience of the Indonesian learning application “Teman Bahasa” using a design thinking method that’s customized to the needs and problems of users. To test the success of the application, usability testing is carried out. The results of measuring effectiveness for students are 96.25% and teacher is 91.7%, efficiency for students are 0.03 goals/sec and teacher is 0.02 goals/sec, and satisfaction is in the "EXCELLENT" category with an A grade scale.

Keywords : User experience, Indonesian learning application, Design thinking



Full Text:

PDF

References


Ayu, D. P., & Amelia, R. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS E-LEARNING DI ERA DIGITAL. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Diana, S., Witono, A. H., & Zain, Moh. I. (2021). Problem Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 3 Batujai Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 680–685. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.304

Fitriana, K., Priharsari, D., & Kariyoto. (2021). Perancangan User Experience (UX) Aplikasi Manajemen Waktu Berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking dan Human-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(5), 2036–2044. http://j-ptiik.ub.ac.id

Kaur, K., Kalid, K. S., & Sugathan, S. (2021). Exploring Children User Experience in Designing Educational Mobile Application. 2021 International Conference on Computer & Information Sciences (ICCOINS), 163–168. https://doi.org/10.1109/ICCOINS49721.2021.9497234

Khoiruman, M. A. (2021). Analisis Hambatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Kajian Linguistik, 9(2).

Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). PROBLEMATIKA DAN STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1.

Lazuardi, M. L., & Sukoco, I. (2019). Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.35138/organu

Putri, R. R., Sodik, A., & Pakarbudi, A. (2020). Perancangan User Experience Aplikasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Human-Centered Design. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan VIII 2020.

Suparlan. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 245–258. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia




DOI: http://dx.doi.org/10.36723/juri.v15i1.526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

 

 

 

 

 

View My Stats