PERANCANGAN ARP POISIONING PADA ANALISIS KEAMANAN JARINGAN MAN IN THE MIDDLE ATTACK PADA UNIVERSITAS DUMAI

Rahadatul ‘Aisy Riadi, Yuhandri Yuhandri, Sumijan Sumijan, Fitri Pratiwi, Nur Rubiati, Mardayulis Mardayulis

Abstract


Teknologi dan komunikasi telah berkemabang dengan sangat pesat pada era digital saat ini sehingga memiliki peran yang penting bagi masyarakat. Jaringan Komputer merupakan salah satu teknologi yang berkembang dibidang transmisi data dan jaringan komputer memiliki 2 jenis media transmisi data diantaranya kabel dan nirkabel. Jaringan nirkabel atau wireless ini sangat sering digunakan karena merupakan salah satu sarana yang penting dalam peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia. Namun penggunaan Jaringan wireless tidak luput dari kejahatan cyber yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab sehingga dapat merugikan orang lain. Man In The Middle Attack merupakan serangan terhadap jaringan akses terbuka, bentuk dari serangan ini adalah didalam jaringan komputer dimana penyerang berada ditengah-tengah antara korban dan tujuan korban. Serangan ARP Poisioning sangat merugikan bagi user karena bersifat aktif. Serangan ini dapat digunakan untuk mencuri data sensitif yang dikirimkan melalui jaringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Live Forensic. Metode ini merupakan proses mendeteksi, menangkap, mencatat dan menganalisa aktivitas jaringan guna menemukan bukti digital suatu serangan yang dilakukan melalui jaringan komputer. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah jaringan wireless yang ada pada Universitas Dumai. Data yang diambil pada penelitian ini berupa IP Address dan MAC Address yang bersumber dari jaringan Universitas Dumai. Setelah melakukan percobaan dalam melakukan serangan ARP Poisioning didapatkan hasil bahwa keamanan jaringan wireless di Universitas Dumai dapat ditembus oleh ARP Poisioning dan simulasi serangan ARP Poisioning yang dilakukan berjalan dan berhasil. Sehingga didapatkan bahwa jaringan wireless di Universitas Dumai kurang aman dan memiliki kemungkinan untuk diserang oleh penyerang.

 

Kata Kunci : Keamanan Jaringan, Jaringan Wireless,  Man In The Middle Attack, ARP Poisioning, Live Forensic


Full Text:

PDF

References


Ajharie, M. A., & Sulistiyono, M. (2022). Implementasi Framework Mitm (Man In The Middle Attack) Untuk Memantau Aktifitas Pengguna Dalam Satu Jaringan. Jurnal Infomedia: Teknik Informatika, Multimedia & Jaringan, 7(1), 45-49.

Akbi, D. R. (2021). Analisis Address Resolution Protocol Poisoning Attack Pada Router Wlan Menggunakan Metode Live Forensics. Jurnal Komputer Terapan, 7(1), 62-73.

Andriyansa, M. Z., & Panjaitan, F. (2020, August). Analisis Sistem Keamanan Jaringan Menggunakan Framework NIST. In Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS) (Vol. 2, No. 1, pp. 265-271).

Diansyah, T. M., Faisal, I., & Siregar, D. (2023). Manajemen Pencegahan Serangan Jaringan Wireless Dari Serangan Man In The Middle Attack. Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer dan Manajemen), 4(1), 224-233.

Kamajaya, G. E. A. (2020). Analisa Investigasi Static Forensics Serangan Man in the Middle Berbasis Arp Poisoning. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 3(1), 6-12.

Panjaitan, A. F., Supardi, R., & Al Akbar, A. (2021). Penerapan Framework Man in the Middle Menggunakan Linux Pada Lembaga Penyiaran Publik Rri Bengkulu. Journal of Technopreneurship and Information System, 4(3), 35-41.

Pangestu, T., & Liza, R. (2022). Analisis Keamanan Jaringan pada Jaringan Wireless dari Serangan Man In The Middle Attack DNS Spoofing. JiTEKH, 10(2), 60-67.

Saraun, A., Lumenta, A. S., & Sengkey, D. F. (2022). Analisa Keamanan Jaringan Nirkabel IEEE 802.11 pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa. Jurnal Teknik Informatika, 17(1), 19-26.

Setiadi, R. R., Suryani, V., & Triawan, M. A. (2021). Implementasi dan deteksi serangan man-in-the-middle berbasis mitm proxy terhadap protokol https menggunakan metode k-nn. eProceedings of Engineering, 8(5).

Tammami, A. G. (2021). Analisis Address Resolution Protocol Poisoning Attack Pada Router Wlan Menggunakan Metode Live Forensics (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Zulkarnain, Z. (2020). Analisis Keamanan FTP server Menggunakan Serangan Man-In-The-Middle Attack. Telcomatics, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.36723/juri.v16i1.704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

 

 

 

 

 

View My Stats