METODE REGRESI LINEAR BERGANDA DALAM PREDIKSI PENJUALAN PRODUK BERBASIS WEB

Charles Jhony Mantho Sianturi, Mikha Dayan Sinaga, Nita Sari Br Sembiring, Erwin Ginting

Abstract


PT. Bumi Menara Internusa adalah perusahaan yang bergeraj dalam bidang penjualan dan produksi makanan kalengan. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi oleh perusahaan, yaitu sistem yang berjalan pada perusahaan masih bersifat semi komputerisasi sehingga dalam memperoleh keuntungan yang lebih besar membutuhkan waktu yang cukup lama dan proses penginputan data penjualan produk sering tidak sesuai dengan transaksi yang telah terjadi. Pada penelitian ini perusahaan memerlukan suatu aplikasi untuk menentukan jumlah penjualab produk pada periode yang akan datang sehingga perusahaan akan memperoleh keuntungan yang semakin pesat. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi oleh perusahaan, yaitu sistem yang berjalan pada perusahaan masih bersifat semi komputerisasi sehingga dalam memperoleh keuntungan yang lebih besar membutuhkan waktu yang cukup lama dan proses penginputan data penjualan produk sering tidak sesuai dengan transaksi yang telah terjadi dan proses pemenuhan pembelian dari pelanggan tidak dapat di penuhi secara penuh karena jumlah stok sering tidak stabil sehingga tidak dapat memenuhi pembelian dari konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk membantu PT. Bumi Menara Internusa khusunya bagian penjualan dalam menentukan stok pada periode yang akan datang. Untuk menentukan jumlah stok yang akan disediakan oleh PT. Bumi Menara Internusa pada periode yang akan datang. Untuk membuat aplikasi sistem peramalan penjualan produk menggunakan metode regresi linear berganda pada PT. Bumi Menara Internusa.

 

Kata Kunci : Data Mining, Regresi Linear berganda, Penjualan


Full Text:

PDF

References


Aan Suhartri, Wahyono (2020). “Implementasi Metode Regresi Linear Berganda Untuk Peramalan Penjualan Kubis”

Ardini, D. N. E., Riyanto, A. D., Arsi, P., Idah, Y. M., & Prasetyo, A. (2019). “Sistem Peramalan Penjualan Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda Pada Toko Mebel Nabila Furniture Paguyangan Brebes Berbasis Desktop”. Jurnal Informatika Upgris, 5(2).

DAHLIA, D., & Andri, A. (2020). “Implementasi Data Mining Untuk Prediksi Jumlah Stok Obat-Obatan Pada Puskesmas Kertapati Menggunakan Regresi Linier Berganda” (Doctoral dissertation, Universitas Bina Darma).

Fajrin, A. A., & Maulana, A. (2020). “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor”. Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer (KLIK), 5(01), 1-10.

Fajrin, A. A., Maulana, A., Informatika, T., Batam, U. P., & Soeprapto, J. R. (2018). “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fpgrowth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor”. Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), 5(1), 27-36.

Hafizah, H., Tugiono, T., & Maya, W. R. (2019). “Penerapan Data Mining Dalam Memprediksi Jumlah Penumpang Pada CV. Surya Mandiri Sukses Dengan Menggunakan Metode Regresi Linier”. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, 2(1), 54-61.

Imam, Wahyudi, 2018, “Penerapan Metode Regresi Linear Berganda Untuk Peramalan Penjualan Sepatu Dan Sandal Pada Toko Batt”

Sutiyono, S. (2020). Membangun Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web Dengan Metode Mdd (Model Driven Development) Di Raudhatul Athfal Nahjussalam. Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA, 2(01), 50-56.

Triyanto, E., Sismoro, H., & Laksito, A. D. (2019). “Implementasi Algoritma Regresi Linear Berganda Untuk Memprediksi Produksi Padi Di Kabupaten Bantul.” Rabit: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 4(2), 73-86.




DOI: http://dx.doi.org/10.36723/juri.v16i1.705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

 

 

 

 

 

View My Stats